Suku Di Indonesia Yang Terkenal Mistisnya

0

SUKU DI INDONESIA YANG TERKENAL MISTISNYA

Nusantara terdiri dari beragam suku dan budaya, kami terarik untuk menginformasikan tentang suku di Indonesia yang terkenal mistisnya untuk anda

Suku di Indonesia yang terkenal mistisnya

Menurut sensus BPS tahun 2010, Indonesia memiliki 1, 340 suku bangsa yang terbentuk dari kelompok etnik. Suku yang terbesar dengan jumlah etnik dan penduduknya adalah, suku Jawa, suku Sunda dan suku Madura.

Sepuluh suku yang paling populer di Indonesia, antara lain : Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Madura, Suku Batak, Suku Betawi, Suku Bugis, Suku Baduy, Suku Banjar, Suku Bali, Suku Sasak dan Suku Makassar. 

Indonesia memang sangat luar biasa, beraneka ragam baik bahasa, ras, suku bangsa dan budayanya. Saya sangat bangga menjadi bagian dari negara yang luas nan kaya raya. 

Perbedaan suku dan budaya, melahirkan adat serta kepercayaan yang melekat kepada masyarakat sekitar, khususnya tentang budaya klenik yang sangat identik. 

Kita kembali pada judul, dari sekian suku ada beberapa suku di Indonesia yang terkenal mistisnya

  • Suku Dayak, Kalimantan

Suku yang satu ini terdapat di pulau Borneo, namanya mendadak sangat terkenal sejak terjadi kerusuhan antar suku pada masa silam. Masyarakat mengenal luas bahwa suku Dayak memiliki sisi mistis yang luar biasa, sangat ditakuti dan disegani dengan kekuatan sihirnya. Selain itu mereka memiliki senjata unik seperti, Lunju, Sipet, Penyang dan senjata yang paling ditakuti adalah Mandao terbang, ilmu peletnya juga cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia.

  • Suku Baduy, Banten

Nama lain dari suku yang terdapat di propinsi Banten ini adalah Kanekes, tepatnya terletak di wilayah pedalaman Lebak Banten. Masyarakat di suku Baduy cukup tertutup dengan dunia luar, kekuatan ilmu kleniknya juga tak kalah populer dengan suku lainnya. Mereka ditakuti karena tersohor dengan kesaktian ilmu mistik dan ilmu guna-gunanya. Selain itu, dikenal jago membaca masa depan, meramal nasib dan beragam keilmuan kadigdayan, suku Baduy identik dengan jiwa pendekarnya.

  • Suku Batak, Sumatera Utara

Suku yang tinggal dan berasal dari pantai barat-pantai timur di Propinsi Sumatera utara ini cukup terkenal di Indonesia. Sebagian kecil masyarakat suku ini, masih menganut kepercayaan tradisional atau animisme seperti, Sipelebagu atau parbegu. Tak dapat dipungkiri, bahwa suku Batak juga dicap sebagai suku yang disegani karena kleniknya. Ilmu klenik yang tersohor di suku ini, sejak dulu hingga sekarang adalah “Begu Ganjang”, Begu artinya setan dan ganjang artinya panjang, hantu dengan bentuk tubuh panjang.

  • Suku Asmat, Papua

Papua adalah bagian timur Indonesia, daerah pedalaman yang masih dipenuhi hutan rimba, ini menandakan masyarakat suku Asmat masih menjaga adat dan budayanya. Hingga kini, mereka masih menjaga utuh tradisi pedalaman, yang tidak lepas dengan pengaruh klenik. Hal ini diperkuat dengan tradisi ritual-ritual tertentu dan larangan-larangan tertentu, sebagain masyarakatnya percaya, suku Asmat bisa mendatangkan badai, hujan dan petir.

  • Suku Kajang, Sulawesi Selatan

Suku Kajang tepatnya terletak di tanah toa pedalaman Sulawesi, kekuatan pelet dan santet dari suku ini sangat ditakuti oleh masyarakat sekitar. Ritual khusus masih menjadi rutinitas sebagaian masyarakat adat Kajang, mereka masih menjaga warisan kepercayaan leluhurnya. Ilmu pelet Kajang, tersohor mampu membuat siapapun yang terkena pengaruhnya, akan lupa dengan tanah kelahirannya.

  • Suku Gayo, Aceh Tengah

Sebagian masyarakat suku Gayo masih sangat percaya dengan tradisi klenik yang turun temurun, terutama di daerah terpencil. Mereka lebih percaya dengan pengobatan alternatif ketimbang pengobatan medis, ini menandakan bahwa kepercayaan terhadap mistis masih tinggi. Suku Gayo juga terkenal dengan ilmu santetnya, menurut mereka, guna-guna dari suku ini, bisa membinasakan 1 keluarga sekaligus. 

Inilah beberapa suku di Indonesia yang terkenal dengan mistisnya

Tradisi menghormati leluhur adalah hal yang penting, adat, budaya dan tradisi memiliki nilai-nilai luhur, masyarakat yang masih menjaga tradisi, umumnya mereka hidup rukun. 

Warisan budaya harus dilestarikan oleh generasi penerus, agar tidak punah dan tidak dicuri oleh bangsa lain, kekayaan Indonesia salah satunya adalah tradisi dan budaya.

 

Anda sedang punya masalah…??? Anda Ingin Konsultasi Dengan Kami…??? klik saja link dibawah ini

 


Share.