Alamat Dukun Buton Tengah

Alamat Dukun Buton Tengah 
www.mbahmijan.com Alamat Dukun Buton Tengah 

Alamat Dukun Buton Tengah

Informasi Lengkap Dan Terbaru Mengenai Alamat Dukun Tersakti Di Kabupaten Buton Tengah

 Kontak WA mbah mijan

Sejarah Kabupaten Buton Tengah

Kabupaten Buton Tengah atau disingkat Buteng merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Ibukotanya berada di Labungkari, Kecamatan Lakudo. Buton Tengah merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Buton yang disahkan pada pertengahan tahun 2014 bersama Kabupaten Buton Selatan dan Kabupaten Muna Barat. Ketiga daerah otonomi baru tersebut disahkan menjelang akhir kepengurusan DPR RI periode 2009-2014. Salah satu alasan pemekaran wilayah ini adalah karena permasalahan akses. Seluruh wilayah Buton Tengah tidak berada di Pulau Buton, sedangkan Ibukota Kabupaten Buton berada di Pasarwajo. Pelayanan dan kontrol membutuhkan biaya dan waktu yang panjang karena harus melewati laut menuju Kota Baubau, lalu dilanjutkan perjalanan darat menuju Pasarwajo di ujung timur Pulau Buton.

Batas Wilayah Kabupaten Buton Tengah

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Muna dan Kabupaten Bombana
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Flores
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Teluk Bone
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Selat Buton

Lambang Daerah Kabupaten Buton Tengah

Dari setap warna memiliki arti yang berbeda. Biru melambangkan kewibawaan, kemenangan, dan masa depan yang cerah. Putih sebagai tanda kesucian hati, niat yang tulus dan rasa keadilan. Kuning tanda semangat kerja, belajar, berusaha, dan kemapanan. Hijau bermakna kemakmuran dan semangat religius. Hitam bertanda loyalitas, pengayom dan demokratis, serta merah wujud keberanian, rela berkorban, dan semangat kepahlawanan.

Unsur-unsur lambnag seperti berbentuk perisai berupa jao-jaonga sebagai bingkai lambang merefleksikan daya tahan, keteguhan, keamanan, dan ketentraman masyarakat Buteng. laut bermakna karakteristik masyarakat Buteng yang relgius. Gunung mencerminkan kondisi geografis wilayah Buteng, sekaligus melambangkan tekad, kegigihan dan keuletan masyarakat. 

Sedangkan jarum menunjukkan Buteng secara historis sebagai salah satu daerah basis pertahanan (Mantan Surumba) pada masa Kesultannan Buton. Makna benteng bahwa daerah Buteng bagian dari wilyahan dan budaya Buton. Lalu 5 undakan pada benteng bahwa pancasila sebagai dasar Negara dan pandangan hidup masyarakat.

Pintu gerbang pada benteng berjumlah 7 merupakan lambang 7 Kecamatan yang menjadi cikal bakal hingga terbentuknya Buteng. Perahu layar dan gelombang sebagai dinamika dan spirit kemaritiman yang menjadi karakter masyarakat. Sedangkan ikan dan jambu mete pada perahu layar menandakan hasil alam yang potensial di Buteng.

Padi dan kapas, melambangkan cita-cita kesejahteraan. Buku dan pena, merefleksikan kecintaan masyarakat dan keadilan yang ingin diwujudkan pada seluruh lapisan masyarakat Buteng. Lalu, jumlah 24 bulir padi dan jumlah 7 bunga kapas melambangkan tanggal dan bulan terbentuknya Buton pada 25 Juli 2014 Makna adanya frasa Kabupaten Buteng dalam pita putih sebagai Buteng merupakan Daerah Otonomi Baru (DOB).

Alamat Dukun Buton Tengah 
www.mbahmijan.com Alamat Dukun Buton Tengah

Nama-nama Kecamatan Kabupaten Buton Tengah

  • Kecamatan Lakudo
  • Kecamatan Gu
  • Kecamatan Sangiawambulu
  • Kecamatan Mawasangka
  • Kecamatan Mawasangka Tengah
  • Kecamatan Mawasangka Timur
  • Kecamatan Talaga Raya

Alamat Dukun Buton Tengah

Jika Anda memiliki banyak masalah dalam hidup dan rejeki tidak lancar, segera konsultasikan dengan dukun sakti yang satu ini. Dengan cara hubungi atau chat link dibawah ini.


Kontak WA mbah mijan

Alamat Dukun Buton Tengah