Alamat Dukun Kota Bitung

Alamat Dukun Kota Bitung 
www.mbahmijan.com Alamat Dukun Kota Bitung 

Alamat Dukun Kota Bitung

Informasi Lengkap Dan Terbaru Mengenai Alamat Dukun Tersakti Di Kota Bitung

 Kontak WA mbah mijan

Sejarah Kota Bitung

Kota Bitung adalah salah satu Kota di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Kota ini memiliki perkembangan yang cepat karena terdapat pelabuhan laut yang mendorong percepatan pembangunan. Kota Bitung terletak di timur laut Tanah Minahasa. Wilayah Kota Bitung terdiri dari wilayah daratan yang berada di kaki gunung Dua Saudara dan sebuah pulau yang bernama Lembeh. Banyak penduduk Kota Bitung yang berasal dari suku Sangir, sehingga kebudayaan yang ada di Bitung tidak terlepas dari kebudayaan yang ada di wilayah Nusa Utara tersebut. Kota Bitung merupakan Kota Industri, khususnya industri perikanan.

Menurut cerita sejarah, nama Bitung diambil dari anama sebuah pohon (Oncosperma tigillarium syn. O. Filamentosom; Nibung) yang banyak tumbuh di daerah utara jazirah Pulau Sulawesi. Penduduk yang pertama yang memberikan nama Bitung adalah Dotu Hermanus Sompotan yang dalam bahasa daerah disebut Tundu’an atau pemimpin. Dotu Hermanus Sompotan tidak sendirian pada saat itu dia datang bersama dengan Dotu Rotti, Dotu Wullur, Dotu Ganda, Dotu Katuuk, Dotu Lengkong.

Pengertian kata Dotu adalah orang yang dituakan atau juga bisa disebut sebagai gelar kepemimpinan pada saat itu, sama seperti penggunaan kata Datuk bagi orang-orang yang ada di Sumatera. Meraka semua dikenal dengan sebutan 6 Dotu Tumani Bitung, mereka membuka serta menggarap daerah tersebut agar menjadi daerah yang layak untuk ditempati, mereka semua berasal dari Suku Minahasa, etnis Tonsea.

Daerah pantai yang baru ini ternyata banyak menarik minat orang untuk datang dan tinggal menetap sehingga lama kelamaan penduduk Bitung mulai bertambah. Sebelum menjadi Kota, Bitung hanyalah sebuah desa yang dipimpin oleh Arklaus Sompotan sebagai Hukum Tua (Lurah) pertama desa Bitung dan memimpin selama kurang lebih 25 tahun, yang pada saat itu Desa Bitung adalah termasuk dalam Kecamatan Kauditan.

Dari sekitar tahun 1940-an, para pengusaha perikanan yang mengusahakan Laut Sulawesi tertarik dengan keberadaan Bitung dibandingkan Kema (di wilayah Kabupaten Minahasa Utara sekarang) yang dulunya merupakan pelabuhan perdagangan. Karena menurut pandangan mereka Bitung lenih strategis dan bisa dijadikan pelabuhan pengganti Kema. Seiring dengan perkembangan, Bitung sebagai suatu kawasan yang strategis serta jumlah penduduk yang semakin bertambah dengan pesatnya maka Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1975 tanggal 10 April 1975 Bitung diresmikan sebagai Kota Administratif pertama Indonesia.

Batas Wilayah Kota Bitung

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Minahasa Utara
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Maluku
  • Sebelah Barata berbatasan dengan Kabupaten Minahasa Utara
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Laut Maluku
Alamat Dukun Kota Bitung 
www.mbahmijan.com Alamat Dukun Kota Bitung

Nama-nama Kecamatan Kota Bitung

  • Kecamtan Aertembaga
  • Kecamatan Girian
  • Kecamatan Lembeh Selatan
  • Kecamatan Lembeh Utara
  • Kecamatan Madidir
  • Kecamatan Maesa
  • Kecamatan Matuari
  • Kecamatan Ranowulu

Alamat Dukun Kota Bitung

Jika Anda ingin menghilangkan pengaruh sihir atau pelet dari ilmu hitam segera konsultasikan dengan dukun sakti yang satu ini. Dengan cara hubungi atau chat link dibawah ini.


Kontak WA mbah mijan

Alamat Dukun Kota Bitung