Alamat Dukun Pelet Gorontalo

Alamat Dukun Pelet Gorontalo
Alamat Dukun Pelet Gorontalo

Alamat Dukun Pelet Gorontalo

Informasi Terlengkap Hanya Disini Tentang Dukun Pelet Gorontalo Yang Asli

 Kontak WA mbah mijan

Sejarah Gorontalo

Menurut catatan sejarah, Jazirah Semenanjung Gorontalo (Gorontalo Peninsula) terbentuk kurang lebih 1300 tahun lalu, di mana Kerajaan Suwawa telah ditemukan berdiri pada sekitar tahun 700 Masehi atau pada abad ke-8 Masehi. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya makam para Raja di tepian hulu sungai Bulawa. Tidak hanya itu, makam Raja Suwawa lainnya dapat kita temukan di hulu sungai Bone, yaitu makam Raja Moluadu (salah seorang Raja di Kerajaan Suwawa) bersama dengan makam istrinya dan anaknya.

Alamat Dukun Pelet Gorontalo
Alamat Dukun Pelet Gorontalo

Namun, sebagai salah satu jazirah tertua di Sulawesi dan Nusantara, Semenanjung Gorontalo pun tidak hanya memiliki catatan sejarah pada prasasti makam-makam Rajanya dahulu, melainkan pula memiliki situs prasejarah yang telah ditemukan. Situs Oluhuta, merupakan sebuah situs prasejarah dan memiliki makam prasejarah di dalamnya. hal ini dapat menjadi bukti bahwa Gorontalo telah memiliki peradaban yang sangat lampau.

Sebelum masa penjajahan keadaaan daerah Gorontalo berbentuk kerajaan-kerajaan yang diatur menurut hukum adat ketatanegaraan Gorontalo. Kerajaan-kerajaan itu tergabung dalam satu ikatan kekeluargaan yang disebut “Pohala’a”.

Menurut Haga (1931) daerah Gorontalo ada lima pohala’a :

  • Pohala’a Gorontalo
  • Pohala’a Limboto
  • Pohala’a Suwawa
  • Pohala’a Bolango kemudian menjadi Pohala’a Boalemo
  • Pohala’a Atinggola

Kerajaan Gorontalo mulanya berada di Kelurahan Hulawa Kecamatan Telaga sekarang, tepatnya di pinggiran sungai Bolango. Menurut Penelitian, pada tahun 1024 H, kota Kerajaan ini dipindahkan dari Keluruhan Hulawa ke Dungingi Kelurahan Tuladenggi Kecamatan Kota Barat sekarang. Kemudian dimasa Pemerintahan Sultan Botutihe kota Kerajaan ini dipindahkan dari Dungingi di pinggiran sungai Bolango, ke satu lokasi yang terletak antara dua kelurahan yaitu Kelurahan Biawao dan Kelurahan Limba B. Dengan letaknya yang stategis yang menjadi pusat pendidikan dan perdagangan serta penyebaran agama islam maka pengaruh Gorontalo sangat besar pada wilayah sekitar, bahkan menjadi pusat pemerintahan yang disebut dengan Kepala Daerah Sulawesi Utara Afdeling Gorontalo yang meliputi Gorontalo dan wilayah sekitarnya seperti Buol ToliToli dan, Donggala dan Bolaang Mongondow.

Kecamatan

  • Botumoita, Boalemo
  • Bone Bolango
  • Mananggu, Boalemo
  • Paguyaman, Boalemo
  • Tilamuta, Boalemo
  • Wonosari, Boalemo

Alamat Dukun Pelet Gorontalo

Bagi yang belum mendapatkan jodoh yang tepat dengan keinginan hati, sekarang datang saja ke kami,  semua akan kami berikan cara mendapatkan jodoh yang pas buat Anda.

Silahkan Klik WA Dibawah Ini

 Kontak WA mbah mijan

 Alamat Dukun Pelet Gorontalo