Sembilan Jenis Lelaku Paranormal Indonesia Jaman Dahulu

SEMBILAN JENIS LELAKU PARANORMAL INDONESIA JAMAN DAHULU VERSI MBAH MIJAN

 Kontak WA mbah mijan

 

Assalamu’alaikum wr wb 

Salam hangat kepada seluruh pembaca setia artikel- artikel mbahmijan.com

Kali ini, kita akan membahas mengenai sembilan jenis lelaku paranormal Indonesia jaman dahulu yang kami rangkum dari percakapan beliau Mbah Mijan.

Ngomong – ngomong soal topo broto atau tirakat, bisa saya artikan demikian… Topo broto adalah salah satu proses penyempurnaan dari ilmu – ilmu batin yang di pelajari seseorang, untuk mencapai titik makasimal dalam tataran kelinuwihan tertinggi dari peraturan supranatural. Sebut saja,Kakung… panggilan almarhum kakek saya. Beliau adalah seorang paranormal aliran kejawen yang cukup kondang dan terkenal pada masanya.

Selain piawai dalam ilmu kanuragan dan ilmu batin, kakung sangat di kenal masyarakat sebagai seorang dukun sangkal putung atau spesialis patah tulang. Kakung cukup santun, dan berwibawa di mata saya. Puluhan klien setiap hari selalu menghampiri kediaman kakung, rata-rata mereka adalah orang yang tulangnya hancur akibat kecelakaan dari anak – anak hingga manula.

Keunikan pengobatan kakungpun cukup populer di waktu kejayaannya, sungguh unik sekali…. beliau mengobati orang patah tulang dengan kondisi hancur dan retak, hanya dengan rendaman daun kayu randu sebagai minyak urut dan kulit kayu randu sebagai pengganti gibs.

Akan tetapi banyak yang memuji, walaupun yang di gunakan ala kadarnya, tetapi hasilnya sangat fantastis. Mereka bisa sembuh dengan sempurna, dan tulang yang tadinya retak bisa menyatu, bisa utuh kembali.Sesuatu yang kedengarannya sangat mustahil bukan, kalau sudah bicara supranatural, hampir semua diluar logika.

Sembilan jenis lelaku paranoromal indonesia jaman dulu
Mbah Mijan di program Jalan Malam Misteri Trans7

Sebagai seorang ahli patah tulang,kakung mempunyai kebiasaan yang unik pula, soalnya… kakung sering tidak makan tidak minum selama berhari – hari, kadang kala hanya minum air putih saja berhari-hari, kadang tidak tidur berhari-hari, kadang hanya makan nasi putih saja,kadang pergi tidak pulang berhari-hari dan berada di goa, di gunung ataupun di sungai.

Saat saya kecil dulu,ya mungkin berusia 10 tahunan,sebab saya dahulu sudah duduk di bangku SD kelas 4… saya sering sekali menemani kakung berjalan -jalan ke tempat yang tadi saya sebutkan di atas. Saya hanya bertugas menemani kakung, dan tidak ikut serta dalam kebiasaannya beliau, saya di bekali makanan ringan kalau kakung bebergian dengan saya dalam beberapa hari lama nya.

Tapi aneh juga, saya tidak pernah merasakan takut sedikitpun, walaupun menemani kakek dari goa satu ke goa yang lainnya, mau siang ataupun malam hari selalu saya temani. Kami berdua tidak terlalu banyak bicara, kadang – kadang saja kakung menyuruh saya tidur, kadang beliau membiarkan saya menyaksikan fenomena aneh saat kakung melakukan ritualnya.

Fenomena yang tidak lazim, tapi tidak bisa saya beberkan di sini… Kemudian di suatu waktu, saya memberanikan diri bertanya kepada kakung, “sebenarnya apa yang kakung lakukan dan untuk apa sih, melakukan tirakat-tirakat ini” kata saya.

Kakung jawab “Iki sing jenenge topo broto – ngesat rogo – ngresiki jiwo cah baguuuss” [ini yang di sebut   bertapa – melatih raga – membersihkan jiwa], saat kakung menjawab demikian, saya hanya menganggukan kepala dan tidak berani bertanya lebih lagi.

Pada setiap kegiatan kakung,saya selalu bertanya ini jenis tirakat apa dan seperti apa tata caranya. Di bawah ini saya tuliskan, sembilan jenis lelaku paranormal indonesia jaman dahulu atau tirakat versi ilmu kejawen yang di lakukan oleh kakek saya, Antara lain 

1.NGADEM 

Tata caranya adalah,hanya memakan makanan yang tidak mengandung gula / garam / cabe / minyak. Makan manis di perbolehkan asal manisnya dari alam, seperti buah – buahan misalnya, biasanya lelaku ini di lakukan selama 3 s/d 21 hari dimulai dari hari lahir si lelaku, jika awal mulainya pada jam 18.00 wib nanti mengakhirinya pun di jam yang sama.

2.NGREKES 

 Ngrekes sering juga di sebut dengan nyuro, sebab lelaku ini di lakukan di bulan syuro atau muharram… tata caranya, semua boleh di makan asal bukan makanan yang terbuat dari beras. Biasanya lelaku ini di lakukan satu bulan penuh, bahkan ada yang melakukannya sampai 41 hari.

3.NGEPAS 

Tata caranya adalah, tidak makan tidak minum selama beberapa hari, tidak boleh keluar kamar kecuali ada keperluan, misalnya buang air kecil dan sebagainya. Biasanya lelaku ini dilakukan selama 3 hari – 3 malam.

4.PATI GENI 

Tata caranya adalah, tidak jauh berbeda dengan lelaku ngepas… tapi dilakukan di luar rumah, dilarang bertemu dengan orang dan berbicara. Biasanya lelaku ini di lakukan minimal 3 hari – 3 malam.

5.NGROWOT 

Tata caranya adalah, memakanan makanan yang berasal dari akar – akaran seperti umbi,singkong, kentang dan lain – lain, tidak diperbolehkan memakan selain itu dan hanya minum air putih saja. Biasanya lelaku ini di lakukan minimal 7 hari – 7 malam.

6.MUTIH 

Tata caranya adalah,hanya di perbolehkan makan nasi putih dan air putih saja selama 3 hari – 3 malam dan sekuatnya, kadang ada juga yang melakukan mutih hanya dengan sekepal nasi putih dan segelas air putih, contoh : di hari pertama buka puasa dengan 3 kepal nasi, hari kedua 2 kepal nasi, hari ke tiga 1 kepal nasi.

7.NGALONG 

Tata caranya adalah,hanya di perbolehkan memakan buah – buahan, dan tidak boleh minum air putih…jika ingin minum boleh air kelapa. Biasanya lelaku ini di lakukan minimal 3 hari – 3 malam.

8.NGIDANG 

Tata caranya adalah, hanya memakan daun-daunan… saat memakannya tidak boleh di petik dengan tangan namun langsung dengan mulut,,, Biasanya lelaku ini di lakukan minimal 1 hari – 1 malam.

9.KUNGKUMAN 

Tata caranya adalah, tidak makan tidak minum selama 3 hari dengan berendam di sungai. Merendam diri di lakukan pada malam hari dan siang nya di sarankan bersembunyi digoa.

Demikianlah sobat, sembilan jenis lelaku yang sering di lakukan oleh paranormal jaman dulu… saya secara pasti tidak tahu apa fungsi dan faedahnya dari masing – masing jenis lelaku tersebut. Tapi secara garis besar, ini adalah lelaku tingkat tinggi yang di khususkan untuk menaiki tataran kelinuwihan ilmu ghoib. Yang biasa melakukan lelaku ini adalah aliran ilmu kejawen.

Semoga bisa menambah pengetahuan sobat pembaca dimanapun berada, sampai jumpa di artikel – artikel kami selanjutnya. 

Wassalamu’alaikum wr wb 

Anda sedang punya masalah…??? Anda Ingin Konsultasi Dengan Kami…??? klik saja link dibawah ini


Kontak WA mbah mijan